Loading...

Informasi Lengkap Mengenai Hepatitis

Pengenalan Awal Hepatitis

Hepatitis merupakan penyakit menular yang menyerang organ hati manusia dan menyebabkan peradangan serta komplikasi lainnya. Hepatitis dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satu faktor utama adalah akibat infeksi Virus Hepatitis, yang mana saat ini dikenal dengan varian Virus Hepatitis A (Hepatitis A Virus atau HAV), Virus Hepatitis B (Hepatitis B Virus atau HBV), Virus Hepatitis C (Hepatitis C Virus atau HCV)), Virus Hepatitis D (Hepatitis D Virus atau HDV), dan Virus Hepatitis E (Hepatitis e Virus atau HEV). Faktor-faktor lainnya adalah kurangnya kebersihan lingkungan, kurangnya kebersihan diri, penuluran dari pasien hepatitis atau kontak erat dengan pasien (melalui cairan darah, air liur, keringat, dan sebagainy).
Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa hingga saat ini di seluruh dunia terdapat 2 milyar penduduk yang mengidap penyakit hepatitis, di mana 1,4 juta diantaranya berakhir dengan kematian. Dengan demikian, Hepatitis tidak dapat dipandang sebagai penyakit ringan maupun remeh dan perlu disadari sebagai salah satu jenis penyakit menular berbahaya.

Sejarah Hepatitis

Penyakit Hepatitis telah ada sejak pertama kali manusia bersosialisasi dan bermasyarakat ribuan tahun lalu. Peradaban-peradaban maju (misal Tiongkok) mengenal penyakit ini sebagai penyakit kuning, sebab penderitanya mengalami kekuningan pada kulit dan mata serta sejumlah gejala lainnya.
WHO menetapkan tanggal 28 Juli sebagai Hari Hepatitis Sedunia untuk memperingati betapa berbahayanya penyakit ini. Pemilihan tanggal 28 Juli pun bukan tanpa alasan, sebab tanggal 28 Juli merupakan hari lahirnya Dr. Baruch Blumberg, tokoh penting yang berjasa menemukan virus penyebab Hepatitis (saat ini dikenal sebagai HBV atau Virus Hepatitis B) di tahun 1967. Beliau memperoleh Nobel di bidang kesehatan (khususnya Fisiologi dan Kedokteran) untuk penemuan ini. Di tahun 1976 penelitian dan karya beliau makin pesat terkait dengan penyebab-penyebab Hepatitis

Penyebab dan Cara Penularan Hepatitis

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, Hepatitis merupakan penyakit menular berbahaya yang disebabkan oleh sejumlah faktor, yaitu:

  1. Infeksi Virus Hepatitis, yang mana saat ini dikenal dengan varian Virus Hepatitis A (Hepatitis A Virus atau HAV), Virus Hepatitis B (Hepatitis B Virus atau HBV), Virus Hepatitis C (Hepatitis C Virus atau HCV)), Virus Hepatitis D (Hepatitis D Virus atau HDV), dan Virus Hepatitis E (Hepatitis e Virus atau HEV).
  2. Kurangnya tingkat kebersihan lingkungan dan upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan (sampah, sanitasi, ketersediaan air bersih dan sumber makanan bersih), termasuk juga pola hidup tidak sehat (kebiasaan minum minuman keras/beralkhohol, makanan mentah, tidak mencuci tangan)
  3. Kurangnya menjaga kebersihan diri dan kesadaran mengenai pentingnya kebersihan dan kesehatan (misal: cuci tangan)
  4. Penularan dari pasien yang mengidap penyakit Hepatitis ke orang lain serta kontak erat antara orang sehat dengan pasien Hepatitis, misal melalui darah (donor darah/transfusi darah, air liur (termasuk juga pemakaian alat makan dan sikat gigi bersama), keringat, hingga sperma(berhubungan seks dengan penderita tanpa pengaman).

Gejala Hepatitis

Secara umum, gejala hepatitis terbagi atas gejala ringan, gejala sedang, dan gejala berat. Masing-masing jenis Hepatitis memiliki gejalanya tersendiri. Namun pada umumnya, karena menyerang organ hati manusia, gejala awal yang dialami oleh penderita adalah:

  1. Badan terasa lemas
  2. Mual
  3. Muntah-muntah
  4. Nafsu makan menurun bahkan hilang sama sekali.
  5. Nyeri, baik pada persendian, otot, perut

Apabila dibiarkan ataupun tanpa disadari oleh penderita, maka gejala yang lebih berat akan muncul. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Kulit dan mata menguning atau berwarna kekuningan
  2. Pembengkakan pada kaki dan limpa
  3. Penurunan kesadaran dan daya ingat
  4. Berat badan menurun drastis
  5. Mengalami memar pada tubuh
  6. Gatal pada kulit serta pendarahan (bukan menstruasi)

Setiap kategori Hepatitis memiliki satu atau sejumlah gejala yang sama maupun berbeda. Lebih lanjut mengenai gejala-gejala Hepatitis, dapat diakses pada menu Daftar Gejala.

Lima Definisi Kasus Hepatitis

Menurut Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI, terdapat lima definisi untuk istilah pada kasus Hepatitis, yaitu:

  1. Confirmed
  2. Probable
  3. Epi-Linked
  4. Pending Classification
  5. Discarded

Confirmed

Definisi Confirmed dimaksudkan bahwa kasus Hepatitis yang terjadi, dalam hal ini kategori atau jenis Hepatitis, telah terkonfirmasi dengan baik. Namun hingga saat ini, belum dapat didefinisikan dengan pasti dan jelas mengenai penyebab dari sebuah Hepatitis Akut misterius dan umumnya dalam status sedang dilakukan penelitian lebih lanjut.

Dengan demikian, definisi Confirmed hanya dapat diberikan kepada kasus Hepatitis yang terkonfirmasi positif, di mana hanya Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) yang memiliki wewenang penuh untuk menyatakan dan menyebarluaskan definisi Confirmed tersebut.

Probable

Definisi Probable dimaksudkan bahwa kasus Hepatitis yang terjadi, terutamanya adalah Hepatitis Akut yang disebabkan oleh virus non Hepatitis A hingga Hepatitis E, di mana pada saat pemeriksaan laboratorium tidak ditemukan adanya Hepatitis A hingga Hepatitis E. Namun nilai dari SGOT atau SGPT pasien mencapai di atas 500 IU/L (Internasional Unit/Liter), dan pasien berusia di bawah 16 tahun. Dengan demikian, pasien tidak terdeteksi hepatitis namun dengan penyebab yang belum diketahui secara pasti.

Epi-Linked

Definisi Epi-Linked dimaksudkan bahwa kasus Hepatitis yang terjadi, dalam hal ini Hepatitis Akut yang disebabkan oleh virus non Hepatitis A hingga Hepatitis E, terjadi pada penderita di segala usia dan dengan kontak erat terhadap kasus pada definisi Probable.

Pending Classification

Definisi Pending Classification dimaksudkan bahwa kasus Hepatitis yang terjadi sedang menunggu hasil pemeriksaan Lab untuk Hepatitis A hingga Hepatitis E, namun nilai dari SGOT dan SGPT pasien telah meninggi, yaitu di atas 500 IU/L, dengan usia pasien di bawah 16 tahun.

Discarded

Definisi Discarded dimaksudkan bahwa kasus Hepatitis yang terjadi, dalam hal ini kategori atau jenis Hepatitis Akut yang disebabkan oleh Virus Hepatitis A (HAV) dan Virus Hepatitis E (HEV) yang telah terdeteksi dengan baik. Definisi Discarded juga merujuk ke kasus Hepatitis lainnya yang juga telah terdeteksi dan tidak masuk ke dalam satu atau beberapa definisi istilah kasus Hepatitis lainnya (Confirmed, Probable, Epi-Linked, Pending Classification).

Pencegahan dan Penanganan Hepatitis

Pencegahan dan penanganan sejak dini adalah sebuah upaya yang baik untuk kasus penyakit Hepatitis. Beberapa hal yang dapat dilakukan, di antaranya adalah dengan menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan serta pola hidup sehat. Selain itu, lakukan diagnosa awal melalui layanan-layanan kesehatan atau secara online melalui SITI. Apabila hasil diagnosa menunjukkan terjadinya kemungkinan terpapar Hepatitis, maka segeralah menuju ke rumah sakit terdekat untuk tindakan medis.
Di Bali, salah satu rumah sakit yang dapat dikunjungi terkait dengan penanganan Hepatitis adalah Rumah Sakit Universitas Udayana, yang beralamat di Jl. Rumah Sakit Unud, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali, Indonesia.
Map lokasi silahkan klik di sini